Warna-Warni Kaktus di Indonesian Cactus and Succulent Fest | Ada yang Laku 40 Juta!

Yogyakarta kali ini dipilih menjadi tempat diselenggarakannya Event besar pertama Indonesian Cactus and Succulent Fest. Acara yang diprakarsai oleh “orang-orang lama” dan juga “pemain-pemain” muda didunia perkaktusan ini terbilang sukses.

Bertempat di Mall megah Sleman City Hall, acara yang diadakan tanggal 7-8 Desember 2019 ini ramai dikunjungi pengunjung, baik para pecinta tanaman kaktus maupun para pengunjung yang tertarik melihat pameran ini.

Menurut beberapa peserta yang mengikuti pameran salah satunya Raffi dari Holly Cactus.co menuturkan, pengunjung pada pameran ini diluar ekspektasi.

Pasalnya, awal pameran dibuka dikira bakal biasa-biasa saja dan tidak begitu ramai pengunjung, pungkasnya. Tetapi justru pengunjung membludak terutama disore sampai malam hari. Beberapa booth yang ikut pameran juga lumayan kebanjiran order.

Banyak sekali jenis kaktus dan sukulen juga beberapa tanaman hias lain yang ada di acara ini.

Jenis-jenis seperti Gymnocalycium yang terkenal pesonanya dari bentuk dan corak warna masih menjadi primadona yang memanjakan mata.

Jenis lain seperti Astrophytum juga tak kalah menarik untuk dipandang.

Jenis-jenis lain yang unik maupun yang sudah familiar kita lihat juga banyak hadir disana.

Dari beberapa perserta, ada yang hanya mengikuti kontes saja atau memamerkan saja kaktus-kaktus koleksi mereka, namun banyak juga yang menjual kaktus dan produk produk pendungkungnya.

Harga kaktus sendiri bervariasi dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah tergantung dari jenis, ukuran dan keunikannya.

Konsep Baru

Biasanya pameran dan kontes tanaman kebanyakan di Indonesia diadakan di lapangan atau tempat terbuka yang bernaungkan tenda atau semcamnya, namun pada pameran dan kontes kali ini konsepnya agak diubah.

Menurut salah satu panitia Ozi, konsep ini diambil agar pameran tanaman terutama kaktus dan sukulen di Indonesia bisa lebih naik panggung.

“Kita kepengen kaktus di Indonesia seperti di Thailand” katanya. Thailand memang menjadi Kiblat dunia perkaktusan bagi banyak negara termasuk Indonesia.

Pameran ini diharapkan lebih mengenalkan kaktus dan sukulen kepada masyarakat agar dikenal luas dan ilmu tetang kaktus di Indonesia semakin berkembang.

Hingga pada akhirnya dapat mengangkat nama Indonesia di mata dunia juga pengetahuan tentang kaktus di Indonesia semakin maju dan meluas.

Indonesian Cactus and Succulent Fest ini merupakan acara pertama yang digarap menggunakan konsep ini. Kedepan akan diagendakan acara ini setahun 2 kali dengan konsep City Tour.

Laku 40 Juta

Dari susunan acara yang ada, ada satu yang sangat menarik dan ditunggu oleh para pengunjung.

Selain acara menarik lainnya seperti Kontes kaktus dan sukulen, talkshow tentang kaktus, ada juga workshop tentang meracik media tanam dsb, sesi Lelang punya animo yang paling besar dari sesi yang ada.

Ada yang spesial dari lelang di Indonesia Cactus and Succulent Fest ini, pada lelang hari pertama ada kaktus yang terlelang dengan angka rupiah yang cukup fantastis, 40 Juta!

Ya, kaktus seharga motor Ninja ini dilelang oleh pemiliknya yang sering di sapa Om Andre, dan yang memenangkan lelang adalah Aria Febri.

Kaktus tersebut masuk pada jenis Astrophitum asterias, lebih lengkapnya jenis superkabuto hanazono miracle dengan ukuran kurang lebih 20cm.

Foto : https://www.facebook.com/andre.tatalaras

 

Foto : https://www.facebook.com/andre.tatalaras

Lelang kaktus 40 juta

Photo Galery Post

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *